Teknologi Komputer dan Sistem Informasi

Hallo pembaca blog saya yang selalu setia mengunjungi blog saya... kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang Teknologi Komputer dan Sistem Informasi.

KatanaDWeb - Di zaman sekarang ini kita sering mendengar istilah Komputerisasi, yaitu pengubahan metode bekerja tradisional menjadi sistem komputer, hal ini dikarenakan perkembangan komputer dari waktu ke waktu semakin canggih sehingga dijadikan sebagai alat bantu manusia dalam perkembangan maupun sebagai media hiburan. Sebelum membahas lebih jauh tentang komputer dan pengembangannya, berikut sedikit pembahasan tentang komputer.

Apa itu komputer? Istilah komputer awal kemunculannya berasal dari kata "Computer" yang juga berasal dari bahasa latin "Computare" yang artinya menghitung. Komputer terbagi menjadi dua bagian, bagian perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah susunan komponen fisik komputer terdiri dari komponen elektronika membentuk suatu mesin yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), input ( contoh: mouse, keyboard, dan lain-lain ) dan output ( contoh: printer, monitor, dan lain-lain). Perangkat keras dapat juga disebut sebagai mesin pengolah intruksi atau data. Bagian berikutnya dari komputer adalah perangkat lunak, adalah sekumpulan perintah yang mengatur perangkat keras yaitu komputer untuk menjalahkan suatu perintah atau menghasilkan sesuatu yang diharapkan oleh pengguna. Kedua bagian dari komputer tersebut di atas adalah satu kesatuan dari komputer.

Prinsip kerja pada komputer adalah menjalankan kode intruksi atau data, dan mengolahnya menjadi hasil yang diharapkan sesuai pengguna yang mengoperasikan perangkat komputer tersebut. Secara sederhana prinsip kerja tersebut digambarkan seperti bagan di bawah ini:


Mengacu prinsip kerja komputer diatas para pengembang komputer kemudian mengembangkan kumpulan intruksi yang bekerja secara terpadu saling mendukung kerja intruksi lainnya, kumpulan intruksi tersebut menjadi awal dari sistem komputer. Sistem komputer yaitu kumpulan dari sebagaian atau beberapa intruksi yang saling mendukung dan bekerjasama menghasilkan pengolahan kompleks. Sistem komputer yang dimaksud adalah suatu proses kerja yang memanfaatkan komputer sebagai pengolah data sehingga dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan atau yang di inginkan oleh penggunanya.

Informasi adalah sekumpulan data yang memiliki maksud dan tujuan serta dapat memberikan keterangan akurat yang di perlukan dalam pengambilan keputusan. Ditinjau dari sisi komputer, Informasi yaitu suatu hasil pengolahan data dari sistem komputer tersebut yang dibutuhkan oleh pengguna yang memiliki manfaat bagi penggunanya. Hasil pengolahan dari kumpulan-kumpulan informasi yang saling terkait antara satu dan lainya disebut sebagai Sistem Informasi. Sistem informasi berbasis komputer terlah banyak diimplementasikan pada beberapa bidang antara lain: manajemen, manufaktur, retail, dll.

Creator by Randy Riolis


EmoticonEmoticon