Internet dan World Wide Web Consortium

KatanaDWeb - Internet dan World Wide Web Consortium | Internet (Interconnected Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan antara jaringan secara global, internet dapat disebut juga dengan jaringan dalam suatu jaringan yang luas. Seperti pada jaringan di komputer local maupun jaringan komputer area,  internet juga menggunakan protokol komunikasi yang sama dengan menggunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol). Struktur protocol internet RFC-1122 terdiri dari 4 lapisan (layer), yaitu:

1. Application Layer
Lapisan aplikasi (Application Layer) adalah lapisan yang berisi semua data protocol dan metode yang mengatur komunikasi antar proses layanan komunikasi. Lapisan aplikasi terdiri dari: BGP,  FTP, DHCP, HTTP, IMAP, LDAP, IRC, POP, RPC, SMTP, dan lainnya.

2. Transport Layer
Lapisan Transport (Transport Layer) adalah lapisan yang mengatur jalur lalu lintas pengiriman maupun penerimaan data. Lapisan transport terdiri dari: TCP dan UDP.

3. Internet Layer
Lapisan Internet (Internet Layer) adalah lapisan yang berfungsi mengetur proses fragmentasi dan defragmentasi paket tergantung dari jenis protocol lapisan internet. Lapisan internet terdiri dari: IP (Ipv4, Ipv6), ICMP, IPSec.

4. Link Layer
Lapisan Penghubung (Link Layer) adalah lapisan yang mengatur hubungan antara host dengan node. Host sebagai pengirim dan node adakah lokasi tujuan dari host. Lapisan penghubung terdiri dari: ARP, PPP, Tunnel (L2TP), Media Access Control (Enthernet, DSL, ISDN).

Created by Randy Riolis

Artikel Terkait : Teknologi Komputer dan Sistem Informasi


EmoticonEmoticon